Profil Ekonomi

  • Dibaca: 864 Pengunjung

Struktur perekonomian Desa Aan masih bercorak agraris yang menitik    beratkan pada sektor pertanian. Hal ini didukung oleh  penggunaan lahan pertanian masih mempunyai porsi yang terbesar sebanyak kurang lebih 70 % dari total penggunaan lahan desa. Juga 60% mata pencaharian penduduk menggantungkan hidup pada sektor pertanian. Pada sektor ini komoditi yang menonjol sebagai hasil andalan adalah padi.

Beberapa sektor ekonomi yang tergolong economic base dan menonjol di samping sektor pertanian adalah, peternakan,perikanan,perkebunan,perdagangan, serta industri rumah tangga. Pada sektor pertanian di Desa Aan yang menonjol adalah Padi,Palawija dan juga bunga pacah. Disektor Peternakan yang banyak dipelihara warga masyarakat yaitu,ternak Sapi,Babi,Kambing,Itik dan Ayam, baik ayam kampung maupun broiler.

Sedangkan sector perikanan yang ada didesa Aan berupa,Lele,Nila dan Udang. Hasil Perkebunan yang dihasilkan  adalah Kelapa,Coklat,Pisang,Cengkeh,Kopi dan Durian. Pada wilayah perkebunan saat ini juga banyak diusahakan tanaman kehutanan seperti jenis Sengon,Kayu Jati dan Kejimas

Pada sektor perdagangan di Desa Aan  fasilitas pasar yang ada , yaitu pasar kabupaten 0 buah dan Pasar Desa 1 buah,namun kondisinya belum begitu ramai dan juga pasar banjar, yaitu dibanjar Pasek. Pada sektor industri rumah tangga dan pengolahan termasuk didalamnya adalah kerajinan,  ukir, jahit serta pengolahan hasil pertanian maupun perkebunan.

Pada sektor jasa, yang menonjol adalah tumbuhnya lembaga/institusi keuangan mikro berupa Koperasi, LPD,program CBD, sebagai pendukung ekonomi desa. Hal ini diharapkan akan membawa dampak positif dalam perkembangan ekonomi desa secara keseluruhan. Disamping itu sektor jasa yang lain adalah angkutan umum pedesaan. 

  • Dibaca: 864 Pengunjung